Jasa Ekspedisi Samarinda Ampana

Jasa ekspedisi samarinda ampana telah lama menjadi motor penggerak perputaran ekonomi di dua kota di Indonesia ini. NAKULLE Sebagai salah satu penyedia jasa pengiriman logistik dan kargo di Indonesia telah berkomitmen untuk terus berkontribusi untuk memenuhi seluruh kebutuhan pengiriman di dua kota tersebut.

Jasa ekspedisi samarinda ampana milik NAKULLE memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan ekspedisi yang lain. Salah satu yang paling berperan adalah NAKUKLE terus menggunakan prinsip pelayanan berbasis RACOF. (Ramah dan sopan, Aman, Cepat, Ongkos yang adil, dan Fast Respon) kepada para customer di seluruh Indonesia.

Jasa ekspedisi samarinda ampana merupakan solusi terbaik untuk menggerakkan roda perekonomian masyaakat di dua ibu kota kabupaten/kota ini. Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur dan Ampana adalah pusat pemerintahan sekaligus ibu kota kabupaten Tojo Una-una di provinsi sulawesi tengah.

Kabupaten Tojo Una-Una adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Semula kabupaten ini masuk dalam wilayah kabupaten Poso. Namun, berdasar pada UU No. 32 Tahun 2003 Kabupaten Tojo Una-una akhirnya berdiri sendiri. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.721,51 km² dan berpenduduk sebanyak 153.991 jiwa pada tahun 2019.

Penduduk kabupaten Tojo Una-una terdiri dari bermacam suku bangsa, dan juga cukup beragam dalam keagamaan. Data dari Kementerian Agama tahun 2020, sekitar 91,22% (151.327 jiwa) memeluk agama Islam. Kemudian 8,21% (13.605 jiwa) memeluk agama Kristen, dimana Protestan 7,05% (11.688 jiwa) dan Katolik 1,16% (1.917 jiwa). Kemudian Hindu 0,42% (696 jiwa) dan sebagian kecil beragama Buddha 0,15% (257 jiwa).

Ditinjau dari aspek kepadatan penduduk, Kecamatan Ampana Kota merupakan kecamatan yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi yang mencapai 175 jiwa/Km². Hal ini cukup beralasan karena Kecamatan Ampana Kota adalah ibukota kabupaten yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian. Sedangkan Kecamatan Ulubongka yang memiliki kepadatan penduduk hanya 9 jiwa/Km² merupakan kecamatan dengan kepadatan penduduk terendah. Hal ini terjadi karena Kecamatan Ulubongka merupakan kecamatan yang memiliki luas wilayah terbesar yaitu 1.767,11 Km² atau sekitar 30,89 persen dari total luas wilayah Kabupaten Tojo Una-Una. 

Aspek geografis membagi Wilayah Kabupaten Tojo Una-Una menjadi dua yaitu wilayah daratan dan wilayah kepulauan. Wilayah daratan meliputi 5 (lima) kecamatan yang sebagian besar merupakan wilayah pesisir pantai. Sedangkan wilayah kepulauan yang terdiri dari 4 (empat) kecamatan merupakan gugusan pulau-pulau nan eksotik berjumlah sekitar 81 pulau yang sudah memiliki nama dan 41 pulau diantaranya sudah berpenghuni. 

Di bagian paling utara Kabupaten Tojo Una-Una terdapat Kecamatan Walea Kepulauan dan Kecamatan Una-Una. Di bagian paling selatan dan barat terdapat Kecamatan Tojo Barat. Sedangkan bagian paling timur adalah Kecamatan Ampana Tete yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banggai.

Kondisi secara umun kota Ampana dan Kabupaten Tojo Una-una sedikit berbeda dengan kota Samarinda sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur. Bagaimana tidak, samarinda telah menjelma menjadi salah satu kota dengan pergerakan ekonomi yang luar biasa.

samarinda merupakan kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan dengan jumlah penduduk sekitar 812,597 jiwa.

Samarinda memiliki wilayah seluas 718 km² dengan kondisi geografi daerah berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut. Kota ini dibelah oleh Sungai Mahakam dan menjadi gerbang menuju pedalaman Kalimantan Timur melalui jalur sungai, darat maupun udara. Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 0,56 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda merupakan wilayah terkecil ketiga setelah Kota Bontang dan Kota Balikpapan. Ditinjau berdasarkan batas wilayahnya, Kota Samarinda seluruhnya dikelilingi oleh Kabupaten Kutai Kartanegara.

tradisi lisan penduduk Samarinda menyebutkan, asal-usul nama kota Samarindah adaah “Samarendah” yang dilatarbelakangi oleh posisi sama rendahnya permukaan Sungai Mahakam dengan pesisir daratan kota yang membentenginya. 

Tempo dulu, setiap kali air sungai pasang, kawasan tepian kota selalu tenggelam. Selanjutnya, tepian Mahakam mengalami pengurukan/penimbunan berkali-kali hingga kini bertambah 2 meter dari ketinggian semula.

Oemar Dachlan mengungkapkan, asal kata “sama randah” dari bahasa Banjar karena permukaan tanah yang tetap rendah, tidak bergerak, bukan permukaan sungai yang airnya naik-turun. Ini disebabkan jika patokannya sungai, maka istilahnya adalah “sama tinggi”, bukan “sama rendah”. Sebutan “sama-randah” inilah yang mula-mula disematkan sebagai nama lokasi yang terletak di pinggir sungai Mahakam. Lama-kelamaan nama tersebut berkembang menjadi sebuah lafal yang melodius: “Samarinda”.

Nah, untuk melakukan pengiriman logistik atau kargo Samarinda Ampana dengan menggunakan layanan NAKULLE, maka perhatikan 9 hal berikut ini. 

• Biaya pengiriman sepenuhnya ditanggung oleh pengirim. Kecuali jika ada perjanjian bahwa biaya akan dibayarkan oleh pihak penerima. 

• Pengirim dianggap sah apabila dibubuhi tandatangan atau stempel Nakulle Logistik 

• Pengiriman Barang berharga sah apabila dicantumkan tanda terima Nakulle Logistik 

• Dilarang mengirim barang – barang yang dilarang oleh pemerintah yang dapat membahayakan angkutan 

• Tidak diperbolehkan memasukkan Uang Tunai dan perhiasan pada kiriman 

• Dokumen / paket yang berisi barang berharga / uang tunai yang tidak dilaporkan kepada tim admin, maka barang tersebut diluar tanggung jawab Nakulle logistik. 

• Pengiriman barang yang mudah pecah , cepat busuk, diluar tanggung jawab Nakulle Logistik 

• Apabila terjadi claim, maka claim hanya di bayar maximum 5 kali dari ongkos kirim yang hilang 

• Claim tidak melebihi waktu tiga hari sejak tanggal terima.

Artikel ini resmi ditulis oleh tim marketing Nakulle.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *