Jasa Eksepdisi Tarakan Bantaeng 

Jasa ekspedisi tarakan bantaeng yang dikelola oleh NAKULLE telah lama dikenal dan menjadi primadona bagi para pelaku usaha kecil, menengah, besar, hingga para masyarakat umum di dua daerah ini. Semua ini berkat pelayanan NAKULLE yang Ramah dan sopan, Aman, Cepat, Ongkos yang adil, dan Fast Respon kepada para customer. 

Jasa ekspedisi tarakan bantaeng telah menjadi pilar utama dalam menjaga dan menumbukan stabilitas ekonomi dan bisnis di dua wilayah ini. Apalagi dengan situasi pandemi covid 19 seperti sekarang ini, jasa ekspedisi seperti NAKULLE sangat berperan penting untuk membantu semua pelaku usaha dan masyarakat dalam mendapatkan akses pasar yang lebih baik. 

Jasa ekspedisi tarakan bulukumba milik NAKULLE bisa digunakan untuk pengiriman logistik dan kargo seperti hasil pertanian, perkebunan, industri, material bangunan, bahan pokok rumah tangga, kendaraan, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan para customer di Kota Tarakan dan Kabupaten Bantaeng. 

Untuk menggunakan layanan NAKULLE, anda hanya perlu menghubungi dan konsultasikan kebutuhan pengiriman anda kepada tim customer service NAKULLE i nomor whatsapp / call 0812-4342-5077. 

Setelah mengetahui cara menggunakan layana NAKULLE, dibawah ini kita akan membahas mengenai fakta menarik terkait dua kota yang berbeda pulau namun berhasil dilayani dan dihubungkan oleh NAKULLE sebagai salah satu jasa ekspedisi terbesar dan terbaik di Indonesia. Dua kota tersebut adalah kota Tarakan dan Kabupaten Bantaeng. 

Kota Tarakan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Kota ini memiliki luas wilayah 677,53 km² dan sesuai dengan data Badan Pusat Statistik 2021, kota Tarakan berpenduduk sebanyak 242.786 jiwa pada tahun 2020.

Kota Tarakan, yang secara geografis terletak pada 3°14’23” – 3°26’37” Lintang Utara dan 117°30’50” – 117°40’12” Bujur Timur, terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Bunyu, Pulau Tarakan, dan Pulau Sadau. Kota Tarakan terdiri dari 4 kecamatan dan 20 kelurahan. 4 kecamatan tersebut diantaranya kecamatan Tarakan Barat, Tarakan Tengah, Tarakan Barat, dan Tarakan Utara. 

Tarakan menurut cerita rakyat berasal dari bahasa Tidung “Tarak” (bertemu) dan “Ngakan” (makan) yang secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Selain itu Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau. Berdasarkan sejarah, kota Tarakan terbagi dalam 4 fase yang mempengaruhi Tarakan hingga saat ini. Diantaranya ada fase Kerajaan Tidung, fase Dinasti Tengara, fase Hindia Belanda, fase pendudukan Jepang, dan terakhir adalah fase kemerdekaan.

Selanjutnya kita akan membahas salah satu kabupaten yang tengah berkembang pesat di pulau Sulawesi, apalagi kalau bukan kabupaten Bantaeng.

Kabupaten Bantaeng adalah sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia dan ibu kota kabupaten Bantaeng adalah kecamatan Bantaeng. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kabupaten Bantaeng tahun 2021, penduduk kabupaten ini ditahun 2020 berjumlah 196.716 jiwa, dengan kepadatan 497 jiwa/km2.

Secara geografis Kabupaten Bantaeng terletak pada titik 5°21’23” – 5°35’26” Lintang Selatan dan 119°51’42” – 120°5’26” Bujur Timur. Kabupaten ini berada dibagian selatan provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak 125 Km kearah selatan dari Makassar. 

Kabupaten Bantaeng terletak di daerah pantai yang memanjang pada bagian barat dan timur sepanjang 21,5 kilometer yang cukup potensial untuk perkembangan perikanan dan rumput laut. Pada bagian utara daerah ini terdapat dataran tinggi yang meliputi pegunungan Lompobattang. Sedangkan di bagian selatan membujur dari barat ke timur terdapat dataran rendah yang meliputi pesisir pantai dan persawahan.

Kabupaten Bantaeng terdiri dari 8 Kecamatan, 21 Kelurahan dan 46 Desa dengan luas wilayah 395,83 km² dan jumlah penduduk sebesar 196.358 jiwa dengan sebaran penduduk 496 jiwa/km². Daftar kecamatan di Bantaeng, diantaranya kecamatan Bantaeng, Bissappu, Eremerasa, Gantarangkeke, Pajukukang, Sinoa, Tompobulu, dan Uluere. 

Kabupaten Bantaeng memiliki 3 sektor ekonomi yang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Diantaranya:

  1. Pertanian

Karena sebagian besar penduduknya petani, maka wajar bila Bantaeng sangat mengandalkan sektor pertanian. Masuk dalam pengembangan Karaeng Lompo, sebab memang jenis tanaman sayur-sayurannya sudah berkembang pesat selama ini. Kentang adalah salah satu tanaman holtikultura yang paling menonjol. Data terakhir menunjukkan bahwa produksi kentang mencapai 4.847 ton (2006). Selain kentang, holtikultura lainnya adalah kool 1.642 ton, wortel 325 ton dan buah-buahan seperti pisang dan mangga. Perkembangan produksi perkebunan, khususnya komoditas utama mengalami peningkatan yang cukup berarti.

  1. Industri

Sektor industri menjadi pilihan kedua untuk dikembangkan di Kabupaten Bantaeng yang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Pengembangan sektor industri sangat berpeluang dimasa mendatang, namun membutuhkan investor yang sangat kuat. Dengan perkembangan sektor industri, dampaknya sangat positif, sebab disamping meningkatkan pendapatan masyarakat juga menyerap banyak tenaga kerja. Industri-industri yang berkembang antara lain adalah industri pembersih biji kemiri, pembuatan gula merah, pertenunan godongan, pembuatan perabot rumah tangga dari kayu, anyaman bambu atau daun lontar dan lain-lain.

  1. Pariwisata

Sektor lain yang perlu diperhitungkan adalah sektor pariwisata. Kabupaten Bantaeng memiliki peninggalan sejarah yang tercatat dalam buku-buku sejarah. Peninggalan-peninggalan sejarah tersebut sangat menarik untuk dikunjungi. Tak heran memang jika pemerintah kabupaten setempat sangat menaruh perhatian terhadap pariwisata. Terbukti direnovasinya berbagai objek wisata alam menjadi tempat menarik, sepeti permandian alam Bissappu. Juga dipeliharanya peningalan-peninggalan sejarah seperti Balla Tujua yang merupakan kebanggaan masyarakat setempat. Kabupaten Bantaeng terus berpacu dengan daerah lainnya dengan mengembangkan penataan kota melaui pembuatan taman, drainase, lampu jalan dan lain-lain.

Artikel ini resmi ditulis oleh tim marketing Nakulle.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *